Friday , 25 April 2014
Breaking News
You are here: Home » Fiqih » Zakat » Zakat Anak Kecil dan Orang Gila

Zakat Anak Kecil dan Orang Gila

Apakah Harta Anak Kecil dan Orang Gila Wajib Dizakati?

Jawaban:

Dalam masalah ini ada perbedaan pendapat di kalangan para ulama. Di antara mereka ada yang berpendapat bahwa harta anak kecil dan orang gila tidak wajib dizakati karena melihat kepada pembebanan (taklif) secara umum. Diketahui bersama bahwa anak kecil dan orang gila tidak termasuk orang-orang yang terkenai beban(taklif), maka mereka tidak wajib menzakati harta mereka.

Di antara ulama ada juga yang berpendapat bahwa mereka wajib mengeluarkan hartanya dan inilah pendapat yang benar, karena zakat termasuk hak harta tanpa melihat kepada pemiliknya, karena Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka.”(At-Taubah: 103)

Yang dijadikan sasaran kewajiban adalah hartanya bukan pemiliknya. Juga karena Nabi Shallahu Alaihi wa Sallam bersabda kepada Mu’adz bin Jabal ketika diutus ke Yaman, “Ajarkan kepada mereka bahwa Allah mewajibkan sedekah (zakat) kepada mereka yang diambil dari harta orang-orang kaya di antara mereka lalu diberikan kepada orang-orang fakir diantara mereka.” (Muttafaq ‘Alaihi)

Sumber: Fatawa Arkaanil Islam atau Tuntunan Tanya Jawab Akidah, Shalat, Zakat, Puasa, dan Haji, Syaikh Muhammad bin Shaleh Al-Utsaimin,  terj. Munirul Abidin, M.Ag. (Darul Falah 1426 H.)

145 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

shared on wplocker.com