Home » Akhbaar » Saudi Bantah Tuduhan BBC tentang Zamzam

Saudi Bantah Tuduhan BBC tentang Zamzam

Pemerintah Arab Saudi telah membantah laporan BBC yang menyebutkan bahwa sumur Zamzam di Makkah terkena polusi dan meminum airnya bisa menyebabkan kanker.

Kepala Survei Geologi Saudi Zuhair Nawab menyangkal tuduhan BBC itu dan menyatakan lembaganya sangat berhati-hati dalam menjaga kualitas dan keamanan air dari sumur Zamzam.

Laporan BBC hari Kamis (05/5/2011) menyebutkan, penyelidikan BBC menemukan air Zamzam dijual di toko-toko buku Muslim di Wandsworth baratdaya London dan Upton Park sebelah timur London, Luton serta Bedfordshire.

“Airnya beracun, terutama karena tingginya kadar arsenik, yang merupakan karsinogen (penyebab kanker),” kata Dr. Duncan Campbell, kepala Asosiasi Analis Publik , sebagaimana dikutip BBC.

Nawab mengatakan, lembaganya bertanggungjawab mengawasi kualitas air Zamzam, yang tidak hanya untuk kebutuhan Arab Sadi tetapi juga seluruh dunia Islam.

“Pakar kami memantau kondisinya setiap hari. Setiap hari kami mengambil tiga sampel air untuk dites dan dikaji, yang hasilnya menunjukkan bahwa air tidak terkontaminasi,” papar Nawab, sebaimana dikutip Arab News (07/5/2011).

Fasilitas pendistribusian air Zamzam yang baru di Makkah dilengkapi dengan fasilitas muthakhir dan pengemasannya disesuaikan dengan standar internasional.

“Kami menerapkan metode pengisian air dalam botol setelah disterilkan,” kata Nawab. Kontaminasi mungkin terjadi saat dimasukkan ke botol-botol kecil oleh individu, imbuhnya.

Fahd Turkistani, penasihat pemerintah kerajaan untuk bidang meteorologi dan lingkungan menegaskan, laporan BBC menyoroti air dalam botol yang dikemas oleh individu, bukan oleh lembaga Saudi yang sah, dalam hal ini lembaga Kepresidenan Urusan Dua Masjid Suci.

Air yang disuplai lembaga resmi itu telah melewati pemeriksaan ketat dan dipapr sinar ultraviolet untuk membunuh bakeri yang ada.

Air Zamzam yang terkontaminasi, bisa jadi berasal dari para penjual air di gerbang masjid yang menggunakan wadah tidak streril. Dan pemerintah Saudi melarang penjualan air Zamzam yang seperti itu.*

Keterangan foto: Raja Arab Saudi Abdullah sedang meninjau instalasi pendistribusian air Zamzam yang baru di Makkah pada 3 September 2010. [AN]

 

http://hidayatullah.com/read/16859/08/05/2011/saudi-bantah-tuduhan-bbc-tentang-zamzam.html

Check Also

STRATEGI KELOMPOK OPOSISI MENJATUHKAN PRESIDEN MURSI

  STRATEGI KELOMPOK OPOSISI MENJATUHKAN PRESIDEN MURSI   Sebelum berbicara tentang strategi kelompok oposisi di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *