Home » Fiqih » Mengenal Madrasah dan Madzhab Fiqih

Mengenal Madrasah dan Madzhab Fiqih

MADRASAH-MADRASAH FIQIH

.
PENDAHULUAN: PENGERTIAN MADRASAH-MADRASAH FIQIH

.
Ada banyak corak pemikiran fiqih pada masa penyusunan (berbagai ilmu-ilmu Islam) dan
para imam mujtahid pada abad kedua hijriyah. Masing-masing membentuk aliran dalam umat Islam. Masing-masing memiliki tokoh, pengikut dan prinsip-prinsip yang berbeda dengan yang
lainnya. Akhirnya terbentuklah madrasah-madrasah fiqih.

Yang dimaksud dengan madrasah fiqih bukanlah bangunan tempat belajar fiqih, tetapi maksudnya adalah metode yang dijalani oleh seorang faqih (ahli fiqih), kemudian orang-orang belajar dan mengikutinya.

Pada awalnya madrasah-madrasah fiqih dinisbatkan (disandarkan) kepada kota tempat
tumbuhnya. Madinah Munawwaroh tempat lahirnya Madrasah Ahlil Hadits, Kufah tempat lahirnya Madrasah Ahlir Ra’yi. Kemudian dari kedua madrasah tersebut muncul orang-orang yang membuat prinsip-prinsip dalam memahami fiqih, sehingga terbentuklah aliran yang memiliki pengikut di berbagai negara Islam.

Akhirnya madrasah Ahlil Madinah dikenal dengan Madrasah Ahlil Hadits dan madrasah Kufah dikenal dengan Madrasah Ahlir Ra’yi. Kita juga melihat bahwa Ahluzh Zhahir para pengikut Dawud Azh Zhahiri- memiliki beberapa prinsip / kaidah yang berbeda dari kedua madrasah di atas). Oleh karena itu kita menjadikannya sebagai madzhab tersendiri. Madzhab Zhahiri.

 

 

Diterjemahkan dan disadur dari buku Al Madkhal Ilaa Diraasatil Madaarisi Wal Madzaahibil Fiqhiyyah karya DR. Umar Sulaiman Al Asyqar, Penerbit: Darun Nafaais, Yordan, Cetakan Pertama, 1416H/ 1996M.

Check Also

Amalan Pada 10 Hari Awal Bulan Dzulhijjah

Amalan Pada 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah     Ada beberapa amalan yang dianjurkan untu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *