Home » Akhbaar » Kuwait Akan Usir Diplomat Iran

Kuwait Akan Usir Diplomat Iran

Kuwait akan mengusir tiga diplomat Iran yang namanya tercantum dalam dakwaan pengadilan pekan ini, terkait kasus aksi mata-mata tahun lalu. Demikian dikatakan menteri luar negeri Kuwait.

“Pengadilan hari Selasa mengungkapkan penyebaran rencana makar anti-Kuwait dalam bidang politik, ekonomi dan militer oleh jaringan mata-mata,” kata Muhammad Al-Sabah, menteri luar negeri Kuwait kepada harian Al-Qabas.

“Pengadilan juga mengungkap hubungan langsung antara jaringan (mata-mata) itu dengan Garda Revolusi di Iran.”

Pengadilan kriminal Kuwait telah menjatuhkan hukuman mati atas dua orang warga Iran dan satu warga Kuwait karena terlibat dalam jaringan mata-mata Iran.

Seoran warga Suriah dan seorang Arab yang tidak memiliki kewarganegaraan dijatuhi hukuman seumur hidup. Sementara dua orang warga Iran lainnya, satu pria dan satu wanita, dibebaskan dari dakwaan.

“Kami telah menarik duta besar kami di Teheran, Majdi Al-Dhufairi, untuk konsultasi, dan kami akan memanggil kuasa usaha Iran di Kuawait Mohammad Al-Shihabi guna menyampaikan protes dari Kuwait,” kata Al-Sabah.

Ia juga menambahkan bahwa keputusan pengadilan tersebut menyangkal laporan yang menyatakan bahwa tudingan adanya jaringan mata-mata Iran merupakan tuduhan tidak berdasar.

“Sekarang sudah jelas bahwa masalah ini bukan hanya sekedar kabar burung atau penyataan salah, melainkan kenyataan,” ujar Al-Sabah.

Menurut Al-Sabah, Kuwait senantiasa menjaga hubungan baik dengan Iran. Namun sayang, hal itu rupanya tidak mendapatkan balasan serupa. Buktinya Garda Revolusi Iran berusaha membuat makar untuk mengacaukan keamanan Kuwait.

Al-Sabah menegaskan, ia akan membicarakan perkembangan masalah tersebut dengan sejawatnya dari Iran.*

 

http://hidayatullah.com/read/16183/02/04/2011/kuwait-akan-usir-diplomat-iran.html

 

Check Also

bekas_bangunan_sekolah_st_margaret_di_newington_skotlandiA

Aparat Gerebek Markas Syiah di Selangor

  Selangor -Aparat dari Departemen Agama Islam Selangor (JAIS) menggerebek markas Syiah yang berlokasi di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *