Home » Akhbaar » Iran Puji Veto China-Rusia

Iran Puji Veto China-Rusia

 

INILAH.COM, Teheran – Iran memuji penolakan China dan Rusia terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB, dengan menggunakan hak vetonya sebagai anggota tetap.

Iran menyambut baik veto Rusia dan China atas resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengutuk sekutunya, Suriah.

“Dengan memveto sanksi yang diusulkan, China dan Rusia telah bersikap adil,” kata Menlu Iran Ali Akbar Salehi.

“Dewan Keamanan telah menjadi alat Barat untuk mengganggu negara lain dan sekali ini Rusia bangkit menentangnya,” lanjutnya.

Rusia dan China pada Sabtu (4/2), menghalangi resolusi Dewan Keamanan yang mengutuk Suriah karena penindasannya atas pemrotes, sehingga memicu pengutukan dari negara lain dunia dan para penentang Suriah.

Semua 13 negara lain di Dewan beranggotakan 15 negara mendukung resolusi yang diusulkan negara Arab dan Barat untuk memberi dukungan kuat bagi rencana Liga Arab yang menyeru Presiden Bashar Al Assad agar menyerahkan kekuasaan kepada wakilnya.

Suriah adalah sekutu utama Iran di kawasan tersebut Arab. AS dan Prancis menuduh Iran memasok senjata ke Suriah guna memadamkan aksi protes yang telah menewaskan sedikitnya enam ribu orang sejak Maret lalu.

Pemimpin spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei telah memperingatkan AS agar tak mencampuri urusan dalam negeri Suriah, dan pada saat yang sama mengatakan ia mendukung pembaruan bagi rakyat Suriah.

 

http://m.inilah.com/read/detail/1827794/iran-puji-veto-china-rusia

Check Also

STRATEGI KELOMPOK OPOSISI MENJATUHKAN PRESIDEN MURSI

  STRATEGI KELOMPOK OPOSISI MENJATUHKAN PRESIDEN MURSI   Sebelum berbicara tentang strategi kelompok oposisi di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *