Home » Akhbaar » Haji 1432 H / 2011 M » 3,25 Juta SMS dan Siaran Youtube di Balik Ibadah Haji

3,25 Juta SMS dan Siaran Youtube di Balik Ibadah Haji

 

Ibadah haji yang menarik jutaan umat Islam ke Mekkah telah menerapkan teknologi tinggi tahun ini. Pemerintah Arab Saudi meminta bantuan peralatan elektronik mutakhir untuk mengendalikan kerumunan massa yang sangat besar itu.

Penanggulangan pertemuan manusia tahunan terbesar dunia itu menimbulkan kepusingan keamanan tersendiri bagi Arab Saudi. Kementerian Urusan Agama telah mengirim 3,25 juta pesan tertulis setiap hari ke telepon genggam para jamaah untuk memberitahu mereka mengenai prosedur ritual haji yang benar. Pemberitahuan pesan tersebut guna mencegah hal yang membahayakan.

”Pesan yang dilakukan oleh lebih dari 3.000 ulama, penterjemah dan petugas administrasi itu bertujuan untuk membetulkan “kesalahan” yang dilakukan para jamaah,” kata pejabat kementerian Urusan Agama, Sheikh Talal al-Uqail, seperti dikutip kantor berita resmi Saudi ‘SPA’.

Menteri Haji Saudi, Fuad al-Farsi, mengatakan pemerintah mengikuti dan mengatur gerakan kerumunan jamaah dengan peralatan pengawasan elektronik yang melacak setiap jemaah selama lima hari ibadah haji. Aparat kepolisian menyiarkan video dan dokumen untuk panduan para jamaah di laman internet bersama video YouTube. Ritual ibadah haji pun dapat diakses di http/www.youtube.com/user/movieshajj.

Untuk pertama kalinya, ibadah haji disiarkan langsung youtube bekerjasama dengan pemerintah Saudi. Siaran itu dapat dilihat di youtube.com/hajjlive.

Lebih dari dua juta umat Islam pada Sabtu mengalir ke Jabal Arafah dan dataran sekitarnya, menandai hari puncak ibadah haji. “Segalanya berjalan baik dan sesuai rencana,” kata juru bicara kementerian dalam negeri Jendral Mansur al-Turki.

 

http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/umroh-haji/11/11/07/lu9kau-325-juta-sms-dan-siaran-youtube-di-balik-ibadah-haji

Check Also

Sarana Kesehatan Bandara King Abdul Aziz Makin Lengkap

  Pusat kontrol kesehatan di Bandara Internasional King Abdul Aziz telah dilengkapi dengan alat-alat kesehatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *