Home » Akhbaar » Haji 1432 H / 2011 M » 21 Calhaj Bantul Batal Berangkat

21 Calhaj Bantul Batal Berangkat

Sebanyak 21 calon haji asal Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, batal berangkat ke Tanah Suci Mekkah karena tidak melunasi biaya perjalanan ibadah haji.

“Jumlah calon jemaah haji yang batal itu termasuk lima orang yang meninggal dunia,” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh, Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Bantul, Rohyadi di Bantul, Jumat.

Menurut dia, penyebab calon jemaah haji yang tidak melunasi biaya perjalaan ibadah haji (BPIH) itu bukan karena yang bersangkutan tidak mampu, melainkan karena alasan mengundurkan diri secara sengaja.

“Ada yang mengundurkan diri karena alasan sudah tua, namun ada juga yang sengaja menunda keberangkatan haji karena ingin bareng bersama keluarga yang berada diurutan bawahnya,” katanya.

Ia mengatakan, dengan adanya calon jamaah haji tidak melunasi BPIH termasuk yang meninggal itu, maka jumlah calon haji yang akan berangkat tahun 2011 ini dari seharusnya sebanyak 961 orang menjadi 934 orang.

“Untuk calon jamaah haji yang akan berangkat tahun ini sudah diperiksa kesehatan dan fisiknya serta pemberian vaksin meningitis untuk kekebalan tubuh, sejauh ini mereka tidak ada permasalahan,” katanya.

Ia juga memastikan semua calon haji yang akan berangkat sudah siap semua, karena sudah periksa oleh tim dokter dan tidak ada yang sampai dirujuk karena kritis dan semua berjalan sesuai rencana.

“Untuk pembekalan terhadap semua calon jemaah haji sudah dilakukan di masing-masing kecamatan sebanyak 11 kali dan di tingkat kabupaten empat kali, sehingga tinggal menunggu keberangkatan,” katanya.

Menurut dia, dijadwalkan keberangkatan seluruh calon jamaah haji asal Bantul tahun ini selama tiga hari, yakni dimulai pada 12, 13 dan 14 Oktober melalui embarkasi Solo, Jawa Tengah.

Sementara itu, mengenai daftar tunggu haji Kabupaten Bantul yang tercatat sampai saat ini sudah penuh hingga keberangkatan tahun 2019, sehingga dipastikan jika warga yang mendaftar haji saat ini harus menunggu selama delapan tahun.

http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/umroh-haji/11/09/30/lsb9p0-21-calhaj-bantul-batal-berangkat

Check Also

Saptco Urusi Transportasi Calhaj di Makkah

Perusahaan bus milik Pemerintah Arab Saudi, Saptco (Saudi Public Transport Company) akan mengangkut calon haji …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *